Kalsel Jadi Program Dokter Magang

BANJARMASIN – Masih kurangnya tenaga kesehatan, khususnya dokter di Kalimantan Selatan (Kalsel), membuat sejumlah fasilitas kesehatan belum dapat melayani masyarakat dengan maksimal. Untuk itu, penambahan dokter untuk bertugas di Banua sangat diperlukan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel Rosihan Adhani mengungkapkan, pada 2013 Kalsel mendapat kesempatan dari Kementerian Kesehatan untuk menjadi tempat magang para dokter muda.

Diharapkan, program magang tersebut dapat membantu mengatasi permasalahan kekurangan dokter. “Program itu kami sambut baik karena sangat membantu kekurangan dokter di Kalsel,” ungkap Rosihan. Diterangkannya, Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel sudah menyiapkan tempat bagi para dokter muda yang magang.

Mereka akan ditempatkan di sejumlah Puskesmas dan rumah sakit serta fasilitas kesehatan lainnya. Tak hanya itu, pendamping para dokter magang juga sudah disiapkan.

“Ada 100-200 dokter kita sudah siapkan pendampinyannya,” cetusnya.

Terkait jumlah tenaga kesehatan di Kalsel, Rosihan menyatakan sebenarnya jumlah tenaga khususnya dokter relatif cukup. Namun, ada beberapa fasilitas kesehatan yang masih minim tenaga. Tiap puskesmas di Kalsel saat ini diperkuat oleh 2 sampai 3 orang dokter.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalsel Muhammad Thamrin menyambut baik program tersebut. Ia berharap, program magang bisa memperkuat tenaga kesehatan di Kalsel. “Tenaga Medis kita masih kurang. Makanya ini sangat membantu. Khusus untuk CPNS, tenaga kesehatan akan kita buka lagi pada 2013,” ucapnya.

(Sumber : Radar Banjarmasin edisi Senin, 25 Juni 2012)

Fasilitas Komentar Tidak Tersedia.