Kedatangan Raja Arab SaudiBenar-benar Menyedot Perhatian Rakyat Indonesia

Kedatangan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz Al-Saud, ke Indonesia, benar-benar menyedot perhatian rakyat Indonesia, terutama di wilayah-wilayah yang menjadi lokasi yang dikunjungi Raja Salman.

Kunjungan sang Raja ke Istana Bogor, bukan hanya menarik perhatian masyarakat setempat, tetapi juga dari luar daerah, seperti Jakarta.

Emang sengaja mau ke Bogor bersepeda untuk melihat keda­tangan Raja Salman, kalau bisa ikut me­nyambut kedatanganya,” kata warga Pondok Gede Ja­karta, Ani yang sedang memarkirkan sepeda di Balai Kota Bogor, Rabu (1/3).

Ani khusus datang ke Bogor untuk melihat dan ikut menyambut kedatangan Raja Salman. Dia bersama teman satu komunitasnya bersepeda dari wilayah Pondok Gede, Jakarta.

Diutarakannya, dia merasa terpanggil ikut hadir dan menyaksikan kedatangan raja Arab Saudi tersebut, karena panggilan batinnya sama-sama umat Muslim yang ingin memuliakan tamu negara.

“Sudah diniatkan dari awal dikabarkan akan keda­tangan Raja Salman ke Indonesia. Ingin ikut menyambut karena ada rasa bangga dan senang, apalagi ini Raja Arab Saudi, kebanggaan buat umat Muslim,” kata ibu rumah tangga itu.

Ani dan rekannya harus menempuh perjalanan dengan sepeda dari Jakarta menuju Bogor selama dua jam. Awal­nya, dia mengira akan ada penyekatan dan larangan masuk ke Bogor karena adanya kunjungan ini.

“Ternyata tidak ada larangan maupun penyekatan. Ka­mi tetap boleh masuk dan bisa ikut menyambut keda­tangan Raja Salman,” katanya.

Haniah binti MP Alam (47), penduduk Rawa Buaya, Jakarta, juga sengaja datang ke Bogor untuk ikut menyambut kedatangan Raja Salman. Dia datang menggunakan kere­ta api, berangkat pukul 11.00 WIB dan tiba pukul 14.00 WIB.

Haniah binti MP Alam (47), penduduk Rawa Buaya, Jakarta, juga sengaja datang ke Bogor untuk ikut menyambut kedatangan Raja Salman. Dia datang menggunakan kere­ta api, berangkat pukul 11.00 WIB dan tiba pukul 14.00 WIB.

“Tadi saya mengajar dulu. Setelah selesai jam pelajaran baru datang ke Bogor,” kata guru SMP itu. Menurutnya, sudah selayak­nya rakyat In­do­nesia menghormati tamu yang datang ke negaranya dengan memberi­kan sambutan hangat dan penuh suka cita.

Dia mengaku mengagumi Raja Salman di­bandingkan raja Arab Saudi sebelumnya ka­re­na dikenal sebagai figur yang berakhlak kuat, hafiz (penghafal) Quran sejak usia 10 tahun.

“Karena simpatik kepada Raja Salman, ma­kanya saya niatkan hadir untuk ikut me­nyambut kedatangannya. Nanti juga mau ikut melepas kembali ke Jakarta,” katanya.

Menurut rencana, Raja Salman akan kem­bali ke Jakarta setelah pertemuan di Istana Bo­gor berakhir. Kepulangan Raja akan di­lepas 10 ribu guru se-Kota Bogor.

Diajak keliling istana

Presiden Joko Widodo sendiri mengajak Raja Salman bin Abdul Aziz Al-Saud untuk berkeliling Istana Bogor dengan menggu­nakan mobil golf.

Sembilan titik telah disiapkan untuk di­kunjungi oleh Raja Salman di Kompleks Is­tana Kepresidenan Bogor, Rabu, usai upa­cara penyam­butan resmi kenegaraan.

Saat tiba di Istana Bogor, Raja Salman di­kawal pasukan berkuda, pasukan Nusan­tara dan Paspamres. Mobil Raja Salman akan berhenti di sayap kanan Gedung Utama Kom­pleks Istana Bogor dan langsung disam­but Presiden serta Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Presiden Jokowi dan Raja Salman akan me­lakukan pemeriksaan pasukan kehorma­tan yang disusul dengan kumandang lagu ke­bangsaan kedua negara.

Usai penyambutan kenegaraan tersebut, Presiden akan mengajak Raja Salman keli­ling Istana Bogor dengan mobil golf. Se­lanjutnya, Presiden mengajak Raja Salman ke halaman belakang Istana Bogor untuk menanam pohon kayu besi.

Bersamaan dengan itu, 16 pangeran putra mahkota akan turut serta menanam pohon dan untuk ke-16 putra mahkota telah disiap­kan pohon kenari di Al-Saud Garden. (Ant)

Fasilitas Komentar Tidak Tersedia.