DUKUNG DAYA GUNA STATISTIK UNTUK WUJUDKAN MP3EI

SERANG – Untuk memberikan dukungan Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) di Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, Selasa malam (26/6), Pemerintah Pusat melalui Badan Pusat Statistik (BPS) Nasional menggelar Konsultasi Regional Pembangunan (Konregbang) se-Jawa, Bali dan Nusa Tenggara di Hotel Ratu Bidakara, Kota Serang.

Selain dihadiri perwakilan Pemerintah Daerah se-Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, pembukaan konregbang tersebut juga menghadirkan Kepala BPS Nasional-Suryamin. Dalam pernytaannya Suryamin menjelaskan tentang pentingnya Konsultasi Regional Pembangunan yang akan dilakukan, hal ini mengingat aspek pembangunan regional merupakan salah satu acuan pokok proses pembangunan nasional secara keseluruhan.

Untuk itu Kepala BPS Nasional berharap agar hasil konregbang ini nantinya dapat merumuskan kebijakan-kebijakan yang harus segera diaplikasikan. “Saya berharap kesepakatan dan konsep konregbang ini tidak hanya sekedar menjadi wacana, tetapi juga bisa diaplikasikan dan tepat sasaran” ujar Suryamin.

Senada dengan Pemerintah Pusat, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten-Muhadi yang mewakili Pemerintah Provinsi Banten berharap agar konregbang ini nantinya dapat menjadi forum konsultasi, komunikasi, dan koordinasi yang intensif, serta menghasilkan rumusan strategis. “Di antara rumusan strategis yang dimaksud adalah pengukuhan kerjasama formal yang lebih erat antara Pemerintah Daerah dengan BPS Daerah; pembentukan dan revitalisasi forum data bersama antara pemerintah daerah dengan BPS Daerah; serta standardisasi data sektoral yang dibutuhkan oleh Pemerintah Daerah dalam perencanaan dan evaluasi pembangunan daerah” jelas Sekda Banten.

Dengan digelarnya Konsultasi Regional Pembangunan se-Jawa, Bali dan Nusa Tenggara yang dijadwalkan akan berlangsung hingga dua hari ke depan atau hingga 28 Juni ini, diharapkan dapat segera membantu peningkatan daya guna statistik dalam Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) di Jawa, Bali dan Nusa Tenggara.

Fasilitas Komentar Tidak Tersedia.